Tiket Euro 2016 Dibayari Sponsor, 3 Menteri Portugal …


LISBON – Kejaksaan Agung Portugal mengumumkan pengunduran diri tiga orang menteri muda dari jabatannya di pemerintahan. Ketiganya mundur karena namanya masuk dalam daftar penyelidikan polisi atas tindak perilaku buruk di hadapan publik.

Ketiganya diketahui bernama Fernando Rocha Andrade (Menteri Perpajakan), Joao Vasconcelos (Menteri Perindustrian), dan Jorge Costa Oliveira (Menteri Internasionalisasi). Para menteri muda itu mengundurkan diri pada Minggu 9 Juli 2017 setelah ditetapkan sebagai ‘arguidos’ atau tersangka kasus penerimaan manfaat yang tidak tepat.

Diwartakan Reuters, Selasa (11/7/2017), ketiga orang menteri itu diduga menerima uang perjalanan dan tiket untuk menonton Euro 2016 di Prancis dari Galp. Perusahaan yang bergerak di bidang energi itu diketahui sebagai unite resmi tim nasional Portugal.

Kasus tersebut pertama kali muncul di media pada Agustus 2016. Ketiga orang tersebut sudah membayar biaya perjalanan demi memulihkan nama baik. Pihak Galp juga mengatakan tidak ada etika yang dilanggar terkait undangan bagi ketiga orang menteri tersebut.

Pemerintah Portugal menuturkan, Rocha Andrade, Vasconcelos, dan Costa Oliveira sendiri yang meminta namanya dimasukkan sebagai tersangka jika kelak mengundurkan diri. Hal itu dimaksudkan agar mereka bisa membela diri dengan lebih baik di hadapan hukum.

Pengunduran diri ketiganya semakin menambah tekanan terhadap Perdana Menteri Antonio Costa. Ia tengah ditekan untuk mencopot menteri dalam negeri dan menteri pertahanan akibat kebakaran hutan yang terjadi pada Juni serta kasus pencurian senjata dari repository militer.

More about ...