Timnas Indonesia Gagal Juara Tsunami Cup 2017


Jakarta, CNN Indonesia — Timnas Indonesia gagal merebut gelar Tsunami Cup 2017 setelah kalah 0-1 dari Kirgistan pada pertandingan terakhir di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (6/12).

Kemenangan atas Timnas Indonesia membuat Kirgistan mengakhiri turnamen dengan berada di puncak klasemen dengan koleksi sembilan poin. Timnas Indonesia berada di posisi kedua dengan enam poin.

Timnas Indonesia sebenarnya bermain tidak terlalu buruk saat melawan Kirgistan. Sayang, penyelesaian akhir yang tidak maksimal membuat tim Merah Putih gagal membobol gawang Kirgistan hingga akhir babak pertama.

Timnas Kirgistan berhasil mencetak gol kemenangan pada menit ke-20. Bek Saliev Askarbek membobol gawang Timnas Indonesia melalui tendangan mendatar ke pojok kiri gawang setelah menerima umpan silang dari sisi kanan.

Timnas Indonesia mengakhiri Tsunami Cup 2017 dengan berada di peringkat dua klasemen.Timnas Indonesia mengakhiri Tsunami Cup 2017 dengan berada di peringkat dua klasemen. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Tertinggal satu gol, Timnas Indonesia sempat memiliki dua peluang emas untuk mencetak gol. Pada menit ke-26, Timnas Indonesia hampir membobol gawang Kirgistan, sayang Febri gagal mengirim umpan ke Ilham Udin meski sudah berada di kotak penalti Kirgistan.

Timnas Indonesia kembali memiliki peluang pada menit ke-30. Namun, tendangan bebas Muhammad Hargianto berhasil ditangkap kiper Kirgistan Mathias Pavel. Skor 1-0 untuk Kirgistan tetap bertahan hingga akhir babak pertama.

Timnas Indonesia kalah tiga poin dari Kirgistan di klasemen akhir Tsunami Cup 2017.Timnas Indonesia kalah tiga poin dari Kirgistan di klasemen akhir Tsunami Cup 2017. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Di babak kedua pertandingan tetap berjalan menarik. Timnas Indonesia tidak menurunkan dash permainan dan berhasil menciptakan sejumlah peluang emas.

Peluang terbaik Timnas Indonesia terjadi pada menit ke-83. Sayang, tendangan bebas Evan Dimas hanya membentur mistar gawang setelah sempat mengenai pagar hidup yang dibuat timnas Kirgistan.

Di lima menit terakhir pelatih Luis Milla berusaha memasukkan sejumlah pemain dengan tipe menyerang, Egy Maulana Vikri dan Yabes Roni. Tapi, usaha tersebut gagal membuahkan hasil untuk Timnas Indonesia. Skor 1-0 untuk timnas Kirgistan joke bertahan hingga laga berakhir.

Laga Timnas Indonesia vs Kirgistan merupakan pertandingan terakhir di Tsunami Cup 2017. Pertandingan timnas Mongolia melawan Brunei Darussalam diputuskan pihak panitia ditiadakan karena kondisi lapangan yang tidak memungkinkan.

Susunan pemain

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; we Putu Gede Juni Antara, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin (Ilija Spasojevic, 56’); Muhammad Hargianto, Muhammad Arfan (Saddil Ramdani, 46’); Osvaldo Haay (Yabes Roni, 84’), Evan Dimas Darmono, Febri Hariyadi; Ilham Udin Armaiyn (Egy Maulana, 84’).

Timnas Kirgistan: Mathias Pavel; Manbekovamanbek, Saliev Askarbek, Iusupov Mustafa, Baimatov Azamat; Sardarbekov Eldiar, Duishobekov Baktyiar, Sagynbaev Bekzhan, Zemlianukhin Anton; Saarbekov Kadyrbek, Mamunov Sultanbek. (ptr)

More about ...