Timnas Indonesia Siap Beri Efek Kejut di Laga Perdana SEA Games


Timnas Indonesia Siap Beri Efek Kejut di Laga Perdana SEA Games

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia U-22 siap memberikan efek kejut pada laga perdana SEA Games 2017 kontra Thailand 15 Agustus mendatang. Sebelumnya, Thailand memang sama sekali tak menganggap Indonesia sebagai hadangan, tapi lebih waspadai Vietnam.

Sikap anggap remeh Thailand itu  justru bagus karena mereka bisa tampil tanpa beban. “Ya, tidak apa-apa, artinya kami buktikan aja di lapangan nanti. Artinya siapa yang pale siap dia akan menang,” ungkap Manajer Timnas Endri Erawan.

Garuda Muda sendiri sebelumnya sukses menahan iimbang Thailand di Kualifikasi Piala Asia 2018. Apalagi, kala itu permainan Garuda yang impresif terhalang dengan kondisi lapangan buruk. “Kami punya pengalaman categorical lawan Thailand di Bangkok. Kami bisa tahan mereka, jadi kami berharap bisa lebih baik lagi,” tandas dia.

Dia juga menyebutkan, tim besutan Luis Milla harus memecahkan masalah soal fokus yang berhulu dari kegagalan mereka di Kualifikasi Piala Asia U-23. “Saya lihat di awal-awal pertandingan anak-anak kurang fokus, artinya tegang, tidak suffer dalam bermain karena mungkin masih tegang menghadapi suasana turnamen,” ungkap Endri Erawan.

Garuda Muda memang tampil melempem pada ajang kualifikasi tersebut. Mereka hanya meraih satu kemenangan, sekali imbang, dan satu kekalahan. Alhasil mereka gagal terbang ke Tiongkok.

Ini tak boleh terulang lagi di SEA Games 2017. Sebab, mereka ditargetkan untuk bawa pulang emas dari sana. “Mudah-mudahan pemain bisa mengendalikan emosi dan juga tetap bermain dengan tenang dan mengikuti intruksi dari pelatih Insya Allah bisa menang,” papar dia.

Skuad Timnas U-22 akhir pecan ini akan kembali dikumpulkan untuk persiapan menatap SEA Games 2017 yang dimulai pada 14 Agustus mendatang, di Kuala Lumpur, Malaysia.

PSSI sendiri belum merilis skuad tetap untuk pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara tersebut, namun Asisten Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti memastikan takkan banyak perubahan dari skuad pada Pra Piala Asia U-23 lalu. Pemusatan latihan akan kembali digeber di kawasan Karawaci, Tangerang.

“Tanggal 4 kumpul, tapi tidak latihan. Mungkin (tanggal) 5, 6 tim sesi kelas dulu, cek fisik, psikotes, refreshing. Coach mau semua fresh saat mulai latihan. Karena mereka juga habis kompetisi dan dibiarkan dulu untuk berkumpul sama keluarga,” ujar Bima Sakti.

Dia juga menyebutkan, kalau pelatih Luis Milla saat ini sedang tidak berada di tanah air. “Coach Milla kemungkinan akan pulang tanggal 3 atau 4. Ia sedang berada di Spanyol karena ada urusan dengan keluarganya di sana,” ungkap Bima.

Rencananya tim mulai bertolak dua hari sebelum pertandingan pertama Grup B, 15 Agustus, menghadapi Thailand. Indonesia berada di grup yang ketat, selain Thailand, ada Filipina, Kamboja, Timor Leste dan Vietnam. (ies/*/jpc)

Perkiraan Skuad Timnas Indonesia

Kiper: Kurniawan Kartika Ajie (Persiba Balikpapan), Moch Diky Indriyana (Bali United), Satria Tama (Persegres Gresik United).

Belakang: Gavin Kwan (Barito Putera), Bagas Adi (meragukan), Andy Setyo Nugroho (PS TNI), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC), Osvaldo Haay (Persipura), Ryuji Utomo (Persija), Rezaldi Hehanusa (Persija), Ricky Fajrin Saputra (Bali United).
 

Tengah: Miftahul Hamdi (Bali United), Evan Dimas Darmono (Bhayangkara FC), Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Arema), Muhammad Hargianto (Persija), Gian Zola Nasrulloh (Persib), Febri Hariyadi (Persib), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Asnawi Mangkualam Bahar (PSM), Saddil Ramdani (Persela).

Depan: Marinus Mariyanto Wanewar (Persipura), Yabes Roni Malaifani (Bali United), Ahmad Nur Hardianto (meragukan), Ezwa Walian (potensi masuk).

 

 

More about ...