Trump Tantang Menteri Luar Negerinya Tes IQ Setelah Dikatai Bodoh

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Donald Trump menantang Menter Luar Negerinya, Rex Tillerson untuk  melakukan tes kecerdasan atau IQ. Trump menanggapi  berita yang dikeluarkan Forbes yang memuat pernyataan  Tillerson bahwa Trump bodoh.

“Saya pikir ini merupakan berita palsu, tetapi apabila benar dia mengatakan seperti itu saya siap untuk menantang tes IQ dengannya,” kata Trump kepada BBC.

Baca: Gallup: Popularitas Donald Trump Terburuk Sejak Perang Dunia II

Meski tantangan tes IQ muncul di publik Amerika, namun Trump dan Tillerson terlihat hangat saat mereka makan siang bersama. Trump pun menyatakan  akan tetap mempertahankan kepercayaannya kepada Tillerson sebagai menteri luar negeri.

“Saya tidak melemahkan siapa pun, karena saya tidak percaya pada orang yang lemah,” kata Trump.

Untuk menjelaskan polemik antara Trump dan Tillerson yang ingin beradu tes IQ, Humas Gedung Putih, Sarah Huckabee menjelaskan semua itu hanyalah sebatas lelucon. “Hal ini hanyalah lelucon, dan anda akan merasakan amusement dengan lelucon tersebut,” kata Trump.

Baca: Senator AS Sebut Donald Trump Bawa AS Menuju Perang Dunia III

Terlepas dari semua pernyataan media maupun Trump secara langsung, Rex Tillerson membenarkan dirinya mengatai Trump sosok bodoh. Hal ini menjadi bentuk kekecewaan yang menurutnya terjadi setelah Trump tidak bisa memahami betapa rumitnya permasalahan luar negeri AS, dan Trump menanggapinya dengan tidak serius.

Pekan lalu, Donald Trump mengejek usha Tillerson membuka pintu dialog secara langsung dengan Korea Utara untuk mendinginkan permusuhan Trump dengan Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara. Trum menyebut usaha Tillerson hanya sia-sia. 

MUHAMMAD IRFAN AL AMIN

More about ...