Untidar menyosialisasikan SNMPTN dan SBMPTN

Magelang (ANTARA News) – Universitas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, menyelenggarakan menyosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diikuti 140 orang perwakilan SMA dan sederajat dari sejumlah daerah, Selasa.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Untidar Kota Magelang Nuwun Priyono dalam kegiatan di Auditorium Untidar itu di Magelang mengatakan fokus utama kegiatan tersebut pada pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan syarat utama pendaftaran SNMPTN.

Ia menjelaskan SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik. Masa pengisian dan verifikasi PDSS mulai 13 Januari hingga 10 Februari 2018 melalui laman pdss.snmptn.ac.id.

Ketua Panitia Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2018 Untidar Farikah menjelaskan tentang tersedianya dua fitur dalam pengisian PDSS, yaitu fitur normal dan fitur khusus. Fitur khusus meliputi submit information siswa cuti, pertukaran pelajar, dan pindahan sekolah. Fitur tersebut baru diterapkan pada tahun ini.

Ia mengimbau para user atau guru mencermati primer panduan pengisian PDSS agar tidak terjadi kesalahan yang bisa merugikan siswa atau sekolah.

“Harus dicermati primer panduan pengisian PDSS,” ujar dia.

Ia menjelaskan bahwa panitia pusat telah memfasilitasi menu panduan dan bantuan pengisian PDSS pada laman pdss.snmptn.ac.id.

“Jika menemukan kendala dimohon langsung mengonsultasikannya lewat menu bantuan ini. Sekali lagi kesalahan information sekecil apapun dalam pengisian PDSS dapat berpengaruh nantinya,” kata dia.

Selain informasi tentang SNMPTN, para peserta sosialisasi juga mendapatkan penjelasan mengenai SBMPTN 2018.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN mengacu kepada nilai hasil ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan dengan biaya pendaftaran Rp200.000.

Staf Humas Untidar Kusumo Wardani mengatakan SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan jadwal, ketentuan, dan persyaratannya dapat diakses melalui laman www.snmptn.ac.id dan www.sbmptn.ac.id.

Tersedia juga laman khusus bantuan, yaitu www.halo.snmptn.ac.id dan www.halo.sbmptn.ac.id.

Ia menjelaskan bahwa pihak kampus Untidar juga menyediakan kesempatan bagi siapa saja untuk bertanya tentang SNMPTN dan SBMPTN 2018 melalui email pmb@untidar.ac.id atau mengakses laman www.um.untidar.ac.id.

Laman itu, ujar dia, berisi informasi seputar penerimaan mahasiswa baru melingkupi seleksi nasional, yakni SNMPTN dan SBMPTN, seleksi Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) khusus diploma, dan Seleksi Mandiri Masuk (SMM) yang diselenggarakan Untidar.

Sekitar 140 peserta sosialisasi itu berasal dari sejumlah daerah, antara lain kabupaten dan kota di wilayah eks-Keresidenan Kedu, Cilacap, Salatiga, dan Kartasura.

Pewarta: Maximianus Hari Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

More about ...