Untirta Bantah Viral Penghafal Alquran Pasti Lulus Seleksi Masuk




Serang – Sebuah selebaran digital tentang dipastikannya lulus sekelsi dan mendapat beasiswa Bidik Misi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bagi penghafal Alquran beredar luas di media sosial. Selebaran itu pertama kali diunggal oleh akun media sosial instagram @untirtakita.

Dalam selebaran itu tertulis bahwa bagi lulusan SMA/SMK/MA yang hafal 30 juz, minimal 15 juz Alquran dipersialakan mendaftar di Untirta dan dipastikan lulus seleksi masuk serta mendapat beasiswa Bidikmisi.

Lebih lanjut, selebaran itu juga menulis bahwa kebijakan tersebut merupakan salah satu komitmen Untirta untuk mewujudkan visi Provinsi Banten Iman Takwa.

Selebaran itu mencantumkan trademark resmi Untirta serta Provinsi Banten dan akun pengunggah sendiri. Pertama kali menyebar diketahui pada 5 Nov lalu.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta, Fatah Sulaiman angkat bicara soal selebaran tersebut. Menurutnya, Untirta secara kelembagaan tidak pernah menerbitkan selebaran yang memastikan penghafal Alquran langsung masuk seleksi dan mendapat beasiswa Bidikmisi.

“Tidak resmi, nanti yang resmi kita punya mekanismenya, untuk lewat jalur yang ditentukan pemerintah, kalau PTN kan jalurnya nggak boleh banyak-banyak dan macem-macem, cuma 3 itu SN, SBMPTN, dan undangan,” ujarnya saat berbincang bersama detikcom di Untirta, Selasa (7/11/2017).

Untirta, kata dia, memang punya atensi khusus terhadap para penghafal Alquran untuk dapat masuk ke Untirta. Dengan catatan harus terlebih dahulu mendaftar melalui jalur yang sudah disediakan seperti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur undangan.

“Selama para penghafal Alquran ini bisa mendaftar lewat itu kemudian mengeluarkan keterangan sertifikat tambahan sebagai penghafal Alquran, kata Pak Rektor yah, dijelaskan di media di wawancara waktu itu maka itu akan diprioritaskan, memang Pak Rektor bilang begitu,” paparnya.

Prioritas bagi penghafal Alquran menurutnya datang dari pertanyaan berbagai kalangan khususnya pesantren-pesantren yang ada di Banten. Usulan dari pihak pesantren agar para penghafal Alquran menjadi atensi khsusus agar bisa masuk ke Untirta.

Namun, pihak Untirta lagi-lagi menegaskan meski diprioritaskan, para penghafal Alquran harus melalui jalur resmi yang sudah ditentukan.

“Mekanisme, sistemnya kita buat. Jadi tetap harus mendaftar melalui jalur SN dan SBMPTN itu. Ada namanya apresiasi, afirmasi, prestasi non-akademik, gitu penjelasan Pak Rektornya, itu (selebaran) sudah mendahului keluar, kan itu ada mekanismenya,” terangnya.

Fatah menegaskan bahwa selebaran itu merupakan inisiatif sendiri dari pemilik akun yang diketahui dikendalikan oleh alumni Untirta.

“Tapi pengumuman itu yang ada memastikan (dapat beasiswa) Bidikmisi itu inisiatif sendiri itu, kita nanti ada mekanisme sendiri secara internal,” tutupnya.

(asp/asp)

More about ...