USU Berikan Penghargaan pada Mahasiswa Berprestasi

MEDAN, NETRALNEWS.COM – Rektor USU berikan apresiasi kepada para mahasiswa yang telah megharumkan nama kampusya di ajang internasional.

Universitas Sumatera Utara ( USU) saat ini mengalami kemajuan pesat dan membanggakan, serta mulai banyak dikenal, karena prestasi yang diraih mahasiswanya di tingkat nasional maupun internasional.

Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu,SH,MHum ahasiswa Universitas Sumatera Utara ( USU) kini semakin aktif berkiprah dalam ajang perlombaan di tingkat internasional,” kata, di Medan, Senin.

Dalam 24 perlombaan yang berlangsung antara tahun 2016 hingga 2017, menurut dia, di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Taiwan, Jepang, Dubai, dan Roma, Italia, mahasiwa USU berhasil meraih prestasi yang membanggakan.

“Sebagai imbalan atas prestasi mahasiswa tersebut, pada tanggal 17 Agustus 2016 USU memberikan sertifikat dan hadiah berupa uang tunai kepada mahasiswa yang telah menorehkan prestasi di 136 perlombaan tingkat nasional dan internasional,” ujar Runtung, Senin (28/08/2017).

Ia menyebutkan, selain itu, USU baru saja selesai melaksanakan seluruh tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru pada 47 module studi sarjana atau S-1 Tahun Akademik 2017/2018.

Seleksi yang dilakukan sebagaimana ditetapkan oleh Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri yang menetapkan ada tiga pola penerimaan mahasiswa baru di PTN.

“Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang merupakan pola seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon Mahasiswa dan diselenggarakan oleh Panitia Pusat,” ujar Runtung.

Rektor mengatakan, USU melalui seleksi SNMPTN ini telah menerima sebanyak 2.221 orang mahasiwa baru terdiri dari 1.761 orang reguler dan 460 orang Bidikmisi, yaitu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi sehingga pemerintah melalui USU memberikan fasilitas Bebas Biaya Pendidikan.

Karena telah disubsidi termasuk biaya hidup per bulan sesuai dengan standar di masing-masing wilayah PTN. Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang merupakan pola seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper formed testing) atau menggunakan komputer (computer formed testing) yang juga diselenggarakan oleh Panitia Pusat.

Melalui seleksi SBMPTN ini USU telah menerima sebanyak 3.415 orang mahasiswa baru terdiri dari 2.968 reguler dan 447 orang peserta Bidikmisi.

Pola seleksi yang ketiga, yaitu Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM), dimana melalui seleksi ini USU juga telah menerima sebanyak 2.472 orang mahasiswa baru, sehingga jumlah mahasiswa baru S-1 USU yang diterima pada tahun Akademik 2017/2018 adalah sebanyak 8.108 orang.

“Jumlah tersebut belum termasuk mahasiswa baru yang telah diterima melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD), yakni sebanyak 1.070 orang, dengan demikian jumlah sum atau keseluruhan mahasiswa baru USU module S-1 dan Diploma yang diterima pada Tahun Akademik 2017/2018 mencapai 9.178 orang,” kata Rektor USU.

More about ...