Video: Yuk Cegah Sakit Jantung di Usia Muda dengan Lakukan Hal Ini

Jakarta, Penyakit jantung tak lagi hanya menyerang orang-orang berusia lanjut saja. Kini, justru semakin banyak orang berusia muda terserang penyakit jantung. Contoh penyanyi Indonesia, Mike Mohede, kepergiannya yang begitu mendadak dikabarkan karena penyakit jantung.

Seperti disampaikan oleh dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA atau yang akrab disapa dr Ayu dari Mayapada Hospital Lebak Bulus. Menurutnya, penyakit jantung bisa terjadi pada orang muda, tidak hanya pada orang yang sudah tua.

Serangan jantung pada orang muda, biasanya berkaitan dengan beberapa faktor risiko. Termasuk di antaranya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes atau sakit gula, serta kolesterol tinggi. Karenanya ubah pola makan yang semula tidak sehat menjadi sehat.

“Jadi penyakit jantung dihubungkan dengan penyakit jantung koroner itu memang tidak hanya pada usia tua bisa juga pada usia muda. Bagaimana cara menghindarinya, makan yang sehat. Hindari kolesterol, gula,” kata dr Ayu dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Tidak Hanya Nyeri Dada, Ini Ciri Serangan Jantung yang Perlu Anda Tahu

Diutarakan dr Ayu, selain memperhatikan pola makan, perhatikan pula gaya hidup. Kurang gerak atau kurang olahraga dan banyak duduk membuat lemak yang seharusnya terbakar menjadi energi malah menumpuk dan memicu obesitas. Nah hal ini juga menjadi faktor risiko penyakit jantung.

“Get active, jadi apapun itu lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya cari parkir yang lebih jauh daripada tempat masuk, misalnya kalau ke mal, atau naik tangga kalau naik dua level,” pungkasnya.

Baca juga: Beda Sakit Jantung, Beda Juga Penanganannya

Penuturan lengkap dr Ayu mengenai bagaimana mencegah jantung di usia muda, simak di video berikut:

(hrn/fds)

More about ...