Warga AS Antusias Sambut Datangnya Gerhana Matahari

Senin, 21 Agustus, untuk pertama kali dalam 99 tahun – seluruh Amerika akan mengalami gerhana matahari. Seluruh orang di negara ini antusias menyaksikan fenomena alam langka tersebut. Para pakar menyarankan agar orang memakai kacamata pelindung khusus untuk melihat gerhana.

Satu-satunya hal yang didapat Sarah McKnight pada akhir kemacetan lalu lintas panjang di sekitar Lagunitas Brewery adalah kekecewaan.

“Semua terasa mengecewakan bagi kami hari ini. Tidak ada yang benar,” tuturnya.

McKnight menempuh perjalanan sejauh 160 kilometer, bukan untuk membeli bir di pabrik minuman itu, melainkan untuk sesuatu yang sangat sulit didapat di mana joke di bagian barat tengah Amerika yaitu kacamata pelindung yang dirancang khusus untuk melihat gerhana matahari sum pada hari Senin.

“Satu hal yang pale dicari saat ini adalah sepotong karton murah ini yang dilengkapi lensa sangat khusus yang memungkinkan kita menatap matahari.”

Sarah Cole adalah wakil presiden Adler Planetarium di Chicago, yang mensponsor pemberian gratis kacamata gerhana itu di Lagunitas Brewery. Pembagian kacamata itu dijadwalkan dimulai pukul 12.30 siang. 1.000 Kacamata diberikan kepada mereka yang datang.

Orang sudah mengantri untuk mendapat kacamata itu sejak pukul 4 pagi. Karena peminat sangat banyak, pemberian dimulai lebih awal, dan berakhir dengan banyak orang kecewa karena tidak kebagian.

“Peminatnya sangat luar biasa, sangat banyak. Menurut saya, itu pernyataan yang sederhana untuk abad ini. Kami telah berusaha keras untuk menyediakan sebanyak mungkin. Dan menurut saya, kami tidak menyangka antusiasme demikian tinggi sehingga tidak mampu memenuhi semua permintaan,” imbuhnya.

Pembagian kacamata di Lagunitas itu adalah yang terakhir yang disponsor Planetarium Adler sebelum gerhana terjadi pada 21 Agustus. Menurut Cole, lebih dari 250 ribu kacamata gerhana sudah dibagikan.

Banyaknya permintaan membuat orang mencari untung dengan menawarkan kacamata khusus itu dengan harga tinggi, umumnya secara online, satu-satunya cara yang mungkin untuk mendapat kacamata itu setelah pembagian oleh Adler.

Tanpa kacamata khusus itu, McKnight dan anak laki-lakinya akan kehilangan kesempatan sekali seumur hidup. Ia masih berharap bisa mendapatkan kacamata itu.

Planetarium Adler memang masih memiliki beberapa kacamata yang disisakan untuk dibagikan pada saat-saat terakhir menjelang acara menyaksikan gerhana matahari itu hari Senin ini. [ka/al]

More about ...