Warga Kampung Tengah Leuwiliang Bogor Ini Terisolir

POJOKJABAR.com, BOGOR – Hampir satu bulan warga Kampung Tengah RT 02/03, Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang terisolir. Satu-satunya akses menuju kampung di seberang Sungai Puraseda hancur, akibat diterjang banjir bandang.

“Tidak bisa ke mana-mana. Akses untuk keluar dari kampung terhambat,”ujar salah satu warga, Yayan (56) kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group), Selasa (12/09/2017).

Saat ini, warga hanya menggunakan bambu untuk menyebrang sungai. Itupun hanya bisa sampai tengah sungai. Sisanya terpaksa menyebrangi sebagian sungai Puraseda. “kalau mau nyeberang, pakai jembatan sementara yang terbuat dari tiga buah bambu yang disusun. Itu joke sampai tengah sungai. Sisanya jalan kalau atmosphere sedang surut,”tuturnya.

Sementara itu, Camat Leuwiliang Chairuka Judhyanto mengatakan, ada ratusan orang yang terisolir di Kampung Tengah. “Terdapat 44 kepala keluarga (KK) di sana,” tuturnya saat meninjau lokasi.

Terkait pembangunan jembatan, mantan Sekcam Kemang ini mengaku sudah mengajukan permohonan perbaikan. Ia joke menghimbau agar warga jangan memaksakan menyeberang sungai dengan bambu.

Terlebih saat hujan turun. “Bagi warga yang menyebrang diharapkan hati-hati. Terlebih anak-anak, agar diantarkan oleh orangtuanya jika ingin menyeberang untuk sekolah,”tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang terjadi pada Selasa (29/8/17) bruise hingga malam, membuat jembatan di Kampung Tengah RT 02/03, Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang putus pukul 18.00 WIB.

Selain itu, luapan Sungai Puraseda juga membuat dua section rumah warga atas nama Jajang Nurmudin (45) dan Marjeni (30) serta bangunan SDN Kampung Tengah terendam air.

Peristiwa ini membuat warga dari Kampung Tambakan dan Tengah harus mencari alternatif lain. Pasalnya, jembatan tersebut merupakan akses penghubung kedua kampung.

(radar bogor/all/c)

More about ...

  • Banjir, Hindari Kawasan Kemang dan Kebayoran BaruBanjir, Hindari Kawasan Kemang dan Kebayoran Baru JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat hujan deras, sejumlah ruas jalan terpantau banjir dan tidak bisa dilewati malam ini, Rabu (7/9/2016). Kasubag Humas Polres […]
  • Banjir di Kemang Rendam 3 KawasanBanjir di Kemang Rendam 3 Kawasan Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang melanda Jakarta dan sekitarnya sore tadi, membuat sejumlah wilayah tergenang banjir. Di antaranya kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Hingga pukul […]
  • Hujan Deras, Kemang Kembali Terendam BanjirHujan Deras, Kemang Kembali Terendam Banjir REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras yang turun di sebagian wilayah Jakarta, Rabu (14/9) malam, menyebabkan genangan dan banjir di sejumlah titik. Menurut laporan Badan […]