Xiaomi Borong Pasukan Flagship ke Indonesia di 2018?

Liputan6.com, Jakarta – Xiaomi memang punya banyak lini smartphone, mulai dari segmen entry level hingga flagship sekali pun, semua ada.

Sayang, seri flagship smartphone terbaru Xiaomi , seperti Mi 6 dan Mi MIX 2 hingga kini belum memberikan tanda-tanda kehadirannya di Tanah Air karena terhambat sejumlah kendala.

Namun demikian, Xiaomi sepertinya telah memberikan sinyal jika seri flagship terbarunya akan meluncur ke pasar Indonesia pada 2018 mendatang. Disampaikan Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Country Manager Xiaomi Indonesia, pihaknya memang sudah berencana untuk membawa seri flagship teranyar ke Indonesia. 

“Kami tengah berencana untuk membawa seri flagship dan akan membawa lebih banyak teknologi di Indonesia. Namun memang banyak kendalanya untuk sekarang,” ujar Steven saat bertemu dengan Tekno Liputan6.com di Jakarta, Kamis bruise (26/10/2017).

Salah satu kendala yang disebutkan Steven adalah masalah pada produksi assembly komponen smIartphone. Apalagi, mengingat smartphone flagship mengusung element dan komponen yang tinggi, manufaktur perangkat ini joke menjadi lebih sulit.

“Karena proses assembly smartphone Xiaomi di sini tidak mudah. Apalagi buat Mi MIX 2 yang materialnya full keramik, apalagi proses manufaktur bezel dan layar perangkatnya. Jadi tidak mudah. Selain kendala assembly, ada juga beberapa regard lain,” sambungnya menjelaskan.

Bagaimanapun, Steven menegaskan saat ini pihaknya berusaha keras untuk membawa seri flagship smartphone Xiaomi–tak hanya yang baru, tetapi juga varian lama–ke Indonesia sesegera mungkin.

Karena itu ia meminta Mi Fans (sebutan komunitas pengguna Xiaomi) dan para pengguna yang menanti flagship smartphone Xiaomi untuk bersabar.

Apa yang disampaikan Steven, senada dengan pernyataan Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global Donovan Sung belum lama ini.

Saat ditemui Tekno Liputan6.com pada Apr 2017, waktu itu Donovan malah tidak memberikan waktu pasti kapan flagship smartphone Xiaomi mulai dijual di Indonesia. Namun, ia memastikan jika fasilitas pabrik di Indonesia juga siap memproduksi seri flagship Xiaomi.

“Kami juga lihat potensi pasar. Untuk sementara kami fokuskan ke seri Redmi dulu, karena ini juga masih awal setelah kami masuk kembali (di awal 2017),” ucap Donovan.

Xiaomi sendiri kembali masuk ke pasar Indonesia setelah memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) perangkat 4G.

Sebagai langkah strategisnya, mereka membangun fasilitas produksi di Indonesia dengan ‘menumpangi’ manufaktur milik Satnusa Persada dengan Erajaya sebagai distributornya.

Perusahaan yang digawangi Lei Jun ini juga dikabarkan akan merilis 4-5 varian smartphone di sepanjang 2017. Hingga saat ini, mereka baru memperkenalkan 4 smartphone Redmi dan varian Android One Mi A1 di Tanah Air.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berkut Ini:

More about ...