Zaha Hadid Jadi Google Doodle Hari Ini! Siapakah Dia? – Inspiradata.

INSPIRADATA. Dame Zaha Mohammad Hadid atau DBE adalah seorang arsitek Britania kelahiran Irak. Ia adalah wanita pertama dan pertama yang meraih Penghargaan Arsitektur Pritzker, memenangkannya pada 2004 dan meraih Penghargaan Stirling pada 2010 dan 2011.

Hadid meninggal mendadak akibat serangan jantung tahun lalu dengan banyak proyek yang belum selesai. Lebih dari setahun setelah kematiannya, kehidupan dan pekerjaan Hadid dikenang dengan Google Doodle.

Kehidupan Dame Zaha Hadid

Semasa kecil Zaha Hadid bersekolah asrama di Inggris dan Swiss. Dan melanjutkan pendidikannya di American University of Beirut untuk fakultas matematika.

Pada tahun 1972 ia pindah ke London untuk belajar arsitektur di mana ia memukau profesor sebagai “planet di orbitnya sendiri”.

Terlepas dari tanda-tanda awal gaya inventif, Hadid tidak menyelesaikan proyek arsitektural pertamanya sampai dia berusia 44 tahun. Banyak yang menganggap gayanya yang unik tidak bisa dijalankan lagi sampai Vitra, seorang perancang furnitur, menugaskan bangunan pertamanya di tahun 90an.

Dalam 20 tahun dia bekerja sebagai arsitek, Hadid merancang sejumlah bangunan di seluruh dunia, termasuk Pusat Akuatik Olimpiade London 2012 dan Museum Riverside di Glasgow.

Berkat keahliannya ini, Zaha Hadid menerima sejumlah penghargaan untuk pekerjaannya. Pada tahun 2012, Ratu Elizabeth II menjadikannya seorang Dame untuk jasanya dalam profesi ini.

Dan pada Maret 2016 Zaha Hadid terkena serangan jantung, hingga akhirnya tutup usia. []

 

Sumber: Telegraph